Rabu, 09 Oktober 2013

JENIS CAT SABLON SOLVENT BASE/PLASTISOL

JENIS CAT SABLON SOLVENT BASE/PLASTISOL


Cat sablon solvent base atau berbasis minyak yang dikenal sebagai cat sablon plastisol merupakan jenis cat sablon yang lazim digunakan dalam produksi kaos selain cat sablon waterbase ink. Sama seperti cat sablon waterbase ink, cat sablon plastisol memiliki banyak jenis yang biasa terdapat di pasaran.Untuk itu, jenis-jenis cat sablon plastisol akan dijelaskan sebagai berikut

1. Tinta PVC  

Tinta PVC digunakan untuk menyablon diatas bahan/media ; kertas, mika, PVC, acrilyc, kulit sintetis, kayu, dll. Menggunakan minyak pencampur M 3 sebagai pengencer ( solvent ) dan pembersihnya. Tinta PVC mudah untuk digunakan karena tidak mudah kering di screen.

2. Tinta Polymate 

Tinta Polymate digunakan untuk menyablon diatas bahan/media ; plastik PP, PE, atau HDPE ( Kresek ). Menggunakan minyak pencampur M 4 sebagai pengencer ( solvent ) dan pembersihnya. Tinta polymate perlu diproses terlebih dahulu sebelum digunakan untuk menyablon, karena tinta yang baru dibeli biasanya sangat cepat mengering di atas screen. Sebelum digunakan, tinta polymate dicampur dengan M 4 secukupnya dan dibiarkan dalam keadaan tutup kaleng terbuka untuk beberapa lama ( kurang lebih 20 – 24 jam ), bila sempat sesekali aduk kembali dan tambahkan M 4. Setelah tinta agak mengental, maka dapat segera digunakan dengan nyaman untuk menyablon ( tidak cepat kering ).

3. Tinta Polytuff

Karakteristik tinta Polytuff mirip dengan tinta polymate, namun dengan minyak pencampur therfin sebagai pengencer ( solvent ) dan pembersihnya. Biasanya digunakan untuk menyablon karung plastik.

4. Tinta Nylon  

Tinta nylon untuk menyablon diatas bahan/ media nylon atau kain polyester ( bahan tas ). Menggunakan minyak pencampur M 3 sebagai pengencer ( solvent ) dan pembersihnya. Tinta nylon mudah untuk digunakan, dan terkadang memerlukan campuran catalyst ( penguat ) untuk bahan nylon tertentu.

5. Tinta Heavy Duty / Industrial 

Ada banyak jenis tinta dalam kategori ini yang disesuaikan dengan kebutuhan dan media yang akan di sablon seperti misalnya ; tinta untuk metal, kaca/ gelas, keramik, hard plastik, coated metal, PS, ABS, dsb.

1 komentar: