Rabu, 14 Agustus 2013

JENIS - JENIS BAHAN JAKET

JENIS - JENIS BAHAN JAKET


Jaket pada umumnya dibuat dari bahan parasut dengan lapisan dalamnya dari bahan yang bertekstur jaring atau polos. Akan tetapi, tidak sedikit jaket yang dibuat dari bahan semi jeans yang dilapisi kain tebal didalamnya. 

Berikut ini jenis-jenis bahan jaket yang biasa digunakan untuk membuat jaket :

1. Bahan Parasut

Bahan parasut tipis,ringan dan kedap air, sejuk ketika dipakai.    



2. Bahan Polyester Adidas, Diadora, Lotto

Bahan polyester yang sering digunakan untuk jaket sporty. Lotto dan Diadora adalah bahan jaket yang agak mengkilat, Diadora agak lebih tebal, sedangkan Adidas lebih tidak mengkilat.

3. Bahan Katun Tebal

Bahan katun bersifat menyerap keringat. Bahan katun yang digunakan untuk jaket biasanya tebal dan digunakan untuk membuat kemeja atau blus. Jaket berbahan katun tebal menjadi favorit kaum wanita karena bisa dibuat dengan berbagai model yang modis.

4. Bahan Corduroi

Bahan Corduroi merupakan sejenis kain yang tekstur permukaannya bergaris-garis. Bahan Corduroi dapat dibuat menjadi jaket hanya dengan lapisan dalam kain katun tebal. Bahan Corduroi kadang-kadang tidak memerlukan kain pelapis di dalamnya karena Corduroi memiliki ketebalan yang bervariasi.

5. Bahan Wol

Bahan wol bisa dibuat menjadi jaket. Wol terbuat dari benang pintal yang tebal dari kulit domba. Wol merupakan bahan yang hangat ketika dipakai sehingga tidak perlu menggunakan lapisan dalam. Lapisan dalam yang digunakan berfungsi memebri efek halus pada kulit badan, seperti bahan katun tipis supaya yang memiliki kulit sensitif terhadap sentuhan benang wol dapat terbantu.


6. Bahan Jeans

Bahan jeans selain digunakan untuk membuat celana panjang dan kemeja, bisa juga digunakan untuk membuat jaket. Teksturnya yang cukup tebal dan berat bisa dijadikan sebagai alternatif pilihan bahan jaket dengan model yang bisa dibuat mengikuti tren sehingga tidak bosan mengenakannya.

7.Bahan Kulit

Bahan kulit selain awet, juga tidak perlu dicuci, cukup dengan menggantungkannya di tempat yang tidak langsung terkena sinar matahari. Untuk membersihkan jaket kulit dari kotoran, cukup menggunakan kain lembap saja.  

8. Bahan Kanvas

Bahan kanvas biasanya digunakan untuk membuat jaket-jaket kasual dan semi resmi. Bahan kanvas bermacam-macam jenisnya dari serat dan ketebalan yang berbeda-beda. Bahan kanvas lapisan atasnya sedikit berbulu, selain itu benang atau material ringan mudah menempel pada bahan kanvas.

9. Bahan Drill

Bahan drill biasa digunakan sebagai bahan jaket-jaket yang menyerap keringat, sifat-nya halus dan dingin kalau dipakai, cocok untuk  jaket komunitas. Ada bermacam jenis drill yang beredar di pasaran, diantaranya american drill  dan japan drill.




2 komentar:

  1. Thanks for sharing.. Mau belajar membuat baju tapi belum menemukan tempat kursus menjahit yang tepat?.. Download E-Book belajar menjahit dari Fitinline aja yuk..

    BalasHapus
  2. Thanks for sharing.. Butuh jaket berkualitas dengan harga murah?.. Kunjungi toko kain online kami dan dapatkan penawaran menarik lainnya.. Regards : Fitinline..

    BalasHapus