Selasa, 13 Agustus 2013

JENIS BENANG BAHAN KAOS

JENIS BENANG BAHAN KAOS

Jenis benang untuk bahan kaos biasanya berkaitan dengan ketebalan atau gramasi bahan kaos itu sendiri. Jenis benang tersebut biasanya dinyatakan dengan istilah seperti 20s,24s,30s dan sebagainya. Pada umumnya, semakin kecil angka semakin tebal bahan kaos tersebut. Namun, hal tersebut bukan merupakan standar yang pasti diantara produsen bahan kaos sehingga istilah 20s dari produsen A bisa berbeda ketebalannya dengan bahan 20s dari produsen yang lain. Angka 20, 24, 30, dan 40 menunjukkan tipe benang yang digunakan pada proses perajutan menjadi bahan kain.
Huruf 's' di belakang angka menunjukkan jenis rajutan untuk bahan kaos tersebut. 's' adalah singkatan dari single knit atau rajutan jarum tunggal. Jenis rajutan ini rapat, padat, kurang lentur. Sebagian besar bahan kaos yang beredar di pasaran menggunakan tipe rajutan jarum tunggal ini.
Selain rajutan jenis single knit, ada rajutan jenis double knit atau rajutan jarum ganda, bahan dapat digunakan bolak-balik, kedua sisinya sama saja. Bahan kaos double knit ditandai dengan huruf 'd' di belakang angka. Jenis rajutannya tidak rapat, kenyal, dan lentur, sehingga cocok digunakan untuk pakaian bayi dan anak-anak. 

1. BENANG 20S
Biasanya dipakai apabila kita menghendaki ketebalan atau gramasi bahan kaos atara 180 sampai dengan 220 Gram/Meter persegi untuk jenis rajutan Single Knitt.
2. BENANG 24S
Biasa dipakai apabila kita menghendaki ketebalan atau gramasi bahan kaos antara 170 sampai dengan 210 Gram / meter persegi untuk jenis rajutan Single Knitt.
3. BENANG 30S
Biasa dipakai apabila kita menghendaki ketebalan atau gramasi bahan kaos antara 140 sampai dengan 160 Gram / meter persegi untuk jenis rajutan Single Knitt atau Gramasi 210 sampai dengan 230 Gram / meter persegi untuk jenis rajutan Double Knitt.
4. BENANG 40 S
Biasa dipakai apabila kita menghendaki ketebalan atau gramasi bahan kaos antara 110 sampai dengan 120 Gram / meter persegi untuk jenis rajutan Single Knitt atau Gramasi 180 sampai dengan 200 Gram / meter persegi untuk jenis rajutan Double Knitt.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar