Sabtu, 24 Agustus 2013

PROSES PEMBUATAN KAOS DI KONVEKSI RUMAHAN

PROSES PEMBUATAN KAOS DI KONVEKSI RUMAHAN


Proses produksi kaos pada usaha konveksi dengan skala industri rumahan biasanya dikerjakan dengan mesin dan peralatan yang bersifat otomatis yang dikombinasikan dengan cara-cara yang masih bersifat manual mulai dari pembuatan pola hingga pada tahap pemeriksaan kualitas kaos. Berikut akan dijelaskan bagaimana proses produksi kaos dalam skala industri rumahan.

1. Memilih bahan
Mula-mula bahan yang akan digunakan untuk membuat kaos dipilih sesuai dengan kriteria 

2. Styling
Melakukan pembuatan desain kaos baik dari coretan tangan di kertas maupun dari desain  grafis di computer dengan dilanjutkan dengan pembuatan pola kaos
1.    
3.     3.  Cutting
Melakukan pemotongan kain sesuai dengan pola yang telah dibuat yang terdiri dari potongan badan, lengan, serta kantong jika ingin ditambahkan.

2.    4.   Penyablonan/Pembordiran
Apabila si pemesan kaos menginginkan adanya tulisan maupun gambar pada kaosnya maka, kain-kain yang telah dipotong sesuai dengan polanya bisa dibawa ke tempat penyablonan maupun pembordiran.

3.   5.   Pemasangan aksesoris
Pemsangan aksesoris bersifat opsional seusai dengan permintaan si pemesan kaos. Aksesoris yang dipasang biasanya berupa pin, kancing atau semacamnya.

6.  Menggabungkan bagian depan atau belakang kaos
Bagian depan dan belakang kaos dijahit di sampingnya untuk menyatukan keduanya. Proses ini harus dilakukan hati-hati agar jarum tidak memotong benang kain sehingga dapat menyebabkan kain menjadi robek.

7.   Menjahit tepian bagian lengan
Bagian lengan dijahit terlebih dahulu pada tepinya sebelum disatukan dengan bagian badan.

8.   Menjahit tepian bawah bagian badan.

9.   Menyatukan bagian lengan dan badan
Pada tahap ini, bentuk kaos secara keseluruhan mulai terlihat. Tergantung dari stelan kaosnya, proses ini dapat dilakukan sebelum atau sesudah pemasangan leher baju.

10.   Memasang leher baju.

11.   Merampungkan bagian neckline.

12. Memasang label baju.

13. Quality Control
Pada proses ini, kaos mulai disortir untuk memilih dan memilah kualitas kaos agar terhindar dari yang namanya cacat produksi

1    14. Packing
Kaos yang sudah dipilah dikemas/dipacking dan siap diambil atau dikirim ke alamat si pemesan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar