Rabu, 14 Agustus 2013

SEKILAS TENTANG SWEATER

SEKILAS TENTANG SWEATER 


1. SWEATER

Sweater

Sweater, jumper, pullover atau jersey merupakan pakaian jadi hasil rajutan yang diperuntukkan menutupi badan dan lengan. Pakain tersebut terkenal di kalangan pria, wanita, dan anak2 semua usia. Sweater sering dipakai menutupi kaos, blus, kemeja, atau baju atasan lainnya. Namun, sweater juga bisa menutupi hingga ke kulit. Sweater pada dasarnya dibuat dari wool, tetapi kini sweater bisa dibuat dari katun, serat sintetis, atau dari kombinasi bahan tersebut. Perawatan sweater dilakukan dengan cara dicuci atau dibersihkan tanpa dibasahi dan menggunakan alat yang disebut pint roller atau pill razor. 
Bahan yang biasa dipakai untuk membuat sweater biasanya memiliki karakter berbulu, menyerupai benang wol. Bulu-bulu tersbut terdapat di bagian dalam bahan agar sweater yang dipakai terasa hangat. Adapun bahan yang biasa dipakai untuk membuat sweater antara lain. 

Cotton Fleece 
Pada sisi luar sama dengan bahan katun pada kaos. Serat lebih besar, dan lebih kasar dibandingkan bahan kaos. Pada bagian dalam berupa fleece atau bulu halus seperti kapas atau wool. 

Polyester Fleece 
Sama seperti kaos bahan PE. Dibandingkan dengan cotton fleece, bahan ini lebih mengkilap karena mengandung polyester / plastik. Biasanya PE Fleece ini lebih kaku dibandingkan dengan cotton fleece. 

Baby Terry
Mirip dengan cotton fleece, namun bulu lebih halus. 


2. SWEATSHIRTS



Sweatshirts


Sweatshirts merupakan varian dari sweater yang dipakai sebagai pakaian olahraga atau kasual. Sweatshirts dibuat lebih tipis, biasanya dibuat dari bahan katun jersey berlawanan dengan bahan tekstil rajutan. Sweatshirts juga merupakan pakaian kasual yang bersifat non semi-formal seperti sweater tipe lainnya.



3. HOODIE


Hoodie

Hoodie (juga disebut sweatshirt berkerudung atau hoody) merupakan sweatshirt berkerudung. Hoodie seringkali dilengkapi dengan semacam aksesoris yang disebut muff (sarung tangan yang terbuat dari bulu). Aksesoris tersebut dijahit pada bagian depan bawah hoodie. Selain itu hoodie juga dilengkapi kerudung, tali yang digunakan untuk mengatur bukaan kerudung, dan risleting yang bisa digerakkan secara vertical pada bagian tengah hoodie.

1 komentar:

  1. Thanks for sharing.. Butuh jaket berkualitas dengan harga murah?.. Kunjungi toko kain online kami dan dapatkan penawaran menarik lainnya.. Regards : Fitinline..

    BalasHapus